Selasa, 21 Februari 2017

Fakta Unik Kuda

1. Seekor kuda jantan dimaksud stallion serta kuda betina yaitu mare. Seekor kuda jantan yang sudah dikebiri di kenal sebagai gelding.

2. Kuda muda mempunyai nama yang tidak sama - lelaki muda dimaksud colt serta kuda betina muda dimaksud Fillies.

3. Bayi kuda dapat jalan serta lari cuma sebagian jam sesudah lahir.

4. Dengan cara keseluruhan, ada 205 tulang dalam kerangka kuda.

5. Kuda yang sudah dijinakkan umumnya hidup hingga sekitaran 25 th.. Tetapi, rekor kuda tertua yaitu Old Billy, yang wafat pada umur 62 th..

6. Saat kuda tengah berdiri, janganlah berasumsi itu terbangun! makhluk ini dapat tidur sembari berdiri atau berbaring.

7. Sekumpulan kuda akan tidak pergi tidur pada saat yang sama - sekurang-kurangnya satu diantara mereka bakal tetaplah terbangun untuk mengawasi yang lain.

8. Kuda kerap tampak dalam photo tengah 'tertawa' atau 'tersenyum', namun gerakan ini sesungguhnya untuk menolong mereka mempertajam penciuman yang tambah baik.

9. Mereka cuma makan tanaman, bikin mereka dimaksud herbivora.

10. Untuk kuda umum, kecepatan paling tinggi mereka yaitu sekitaran 27 mil per jam, walau kuda paling cepat yang pernah terdaftar dapat meraih 55 mil per jam!

11. Ada sekitaran 60 juta kuda didunia, padukan kuda liar serta kuda dijinakkan.

12. Mata kuda yang semakin besar dari manusia serta dari tiap-tiap mamalia darat yang lain, serta kenyataan mata mereka ada di segi kepala bermakna mereka bisa lihat nyaris 360 derajat.

13. Beberapa pakar yakin kalau kuda betul-betul buta warna, walau ini sudah dapat dibuktikan tak benar. Mereka dapat, bagaimanapun mereka bisa lihat beberapa warna spesifik tambah lebih terang dari pada yang lain.

14. Seekor kuda mempunyai gigi besar! Ruangan yang dihuni oleh gigi semakin besar dari yang dihuni oleh otak.

15. Otaknya cuma berbobot sekitaran 22 ons, hingga cuma 1/2 dari berat dari otak manusia.

16. Seperti manusia, kuda mempunyai ekspresi muka yang tidak sama untuk mengekspresikan situasi hati mereka.

17. Tak seperti banyak mamalia yang lain, yaitu tidak mungkin untuk kuda muntah.

18. Ada kian lebih 300 keturunan kuda yang tidak sama didunia.

19. Bukannya diukur dalam feet serta inci, kuda diukur dalam hand. Satu hand setara dengan empat inci.

20. Sampson yaitu kuda Shire serta paling tinggi dalam histori. Dengan ukuran tinggi 21, 2 hand.

21. Demikian sebaliknya, kuda paling kecil yang pernah ada yaitu kuda poni 14 hand kecil dari New Hampshire. Namanya Einstein.

22. Kuda yaitu pengagum air, serta bakal minum minimum 25 galon sehari-hari. Di negara-negara yang lebih hangat, jumlah ini bahkan juga lebih tinggi.

23. Sesaat zebra serta kuda kerap dikira hewan yang sekalipun tidak sama, mereka bisa berkembang biak dengan keduanya untuk membuat 'zebroids'. Zebra akan kawin dengan keledai serta membuahkan 'zonkeys'.

24. Pada th. 2003, kuda dikloning untuk pertama kalinya. kloning berjalan di Italia.

25. Bila Anda terasa belakang telinga kuda serta mereka terlihat dingin, ini bermakna kalau kuda tersebut terasa dingin.

26. Kuda sudah dipakai di kepolisian mulai sejak era ke 17, serta walau mereka jadi kurang popular dengan inginalan mobil dimuka era 20, beberapa ratus kuda masihlah dipakai oleh polisi sampai hari ini.

27 Arab dikira negara tertua yang masihlah mengembangbiakkan kuda. Beberapa pakar yakin kalau hal semacam ini pertama kalinya nampak sekitaran 4. 500 th. waktu lalu.

28. Di negara-negara spesifik, termasuk juga Prancis, daging kuda dikira sebagai makanan lezat yang mahal. Walau ilegal di sebagian negara lain, hati kuda serta otak kuda terfavorit di Perancis.

29. Studi tunjukkan kalau kuda mempunyai memor yang begitu baik - bahkan juga mungkin saja tambah baik dari pada seekor gajah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar